top of page
  • Gambar penulisStefanus Sinar Firdaus

Telah Lahir Cabang Pusbisindo yang Baru - Pusbisindo Bali


Teman-teman pasti sudah mengetahui tentang perayaan ulang tahun Pusbisindo yang dirayakan tanggal 28 Februari yang lalu? Di tengah-tengah perayaan tersebut terdapat pengumuman mengenai peresmian dan perkenalan cabang Pusbisindo yang baru, yaitu Pusbisindo Bali! Diperkenalkan sebagai cabang ke enam setelah DKI Jakarta, D.I Yogyakarta, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, Pusbisindo Bali berpusat di Kota Denpasar serta merupakan cabang Pusbisindo pertama yang berada diluar pulau Jawa.

Bali merupakan salah satu daerah yang kaya akan variasi bahasa daerah alamiah, begitupun dengan bahasa isyarat. Bahasa Isyarat Bali banyak dipengaruhi oleh budaya dan kebiasaan masyarakat khas Bali. Pusbisindo Bali didirikan dengan persetujuan antara Pusbisindo Pusat, Komunitas BDC (Bali Deaf Community) serta DPD GERKATIN Bali (Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia). Keputusan pendirian ini didasari oleh tingginya permintaan untuk mempelajari Bahasa Isyarat dan masih sedikitnya sumber daya Juru Bahasa Isyarat (JBI) yang tersedia di Bali.

Tim kepengurusan Pusbisindo Bali dijalankan oleh tiga orang, yang terdiri dari Ni Komang Ayu Diantari sebagai koordinator yang bertugas sebagai mengatur kelas serta melapor kepada pengurus pusat, Yuliana sebagai bendahara yang mengatur keuangan dan Gede Ade Putra Wirawan sebagai hubungan masyarakat (humas) yang bertugas mempromosikan kelas serta menjadi penghubung tim pengurus dengan pihak eksternal. Selain pengurus, terdapat guru-guru yang berpengalaman dalam mengajar Bahasa Isyarat Bali, terdiri dari 8 orang guru, mereka adalah Ferdiyanto Turut, I Made Eka Jaya, I Putu Jaya Utama, Kadek Deby Sintya Dewi, I Kadek Swanjaya, Ketut Yunda Manik dan Nizam Analinata Nasution.

Kelas reguler perdana Pusbisindo Bali akan dimulai pada akhir bulan April melalui ZOOM dikarenakan belum berakhirnya pandemi virus corona. Pendaftarannya akan dibuka sejak pertengahan April dan diumumkan melalui instagram Pusbisindo. Ayo teman-teman di Bali, follow Instagram Pusbisindo dan pasang notifikasimu agar tidak tertinggal informasi pembukaan pendaftaran kelas reguler perdana Pusbisindo Bali!

Semoga dengan berdirinya Pusbisindo Bali dapat menjadi awal bagi Pusbisindo untuk membuka cabang-cabang lain di berbagai daerah terutama daerah luar pulau Jawa.

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page